Bilqis Prasista Pebulutangkis Muda yang Tumbangkan Pemain Nomor Satu Dunia

Raket.ID, Bangkok – SIAPA BILQIS? – Nama Srikandi bulutangkis muda tunggal putri Indonesia, Bilqis Prasista saat ini sedang viral menyusul keberhasilannya mengalahkan pebulutangkis putri peringkat pertama dunia, Yamaguchi Akane dalam laga babak penyisihan grup A Piala Uber ketika memperkuat Indonesia kontra Jepang.

Bilqis yang dimainkan pada partai pertama, sukses menjalankan tugas yang diembannya dengan sempurna. Ia bahkan secara mengejutkan mampu menumbangkan ratu bulutangkis dunia itu dengan kemenangan dua set langsung.

Pada duel yang dimainkan di Impact Arena, Bangkok, Rabu (11/05/2022) siang WIB, Bilqis mempecundangi andalan Negeri Matahari Terbit dengan skor 21-19, 21-19.

Jadi penarasan siapa sebenarnya Bilqis? Di kancah dunia bulutangkis putri, namanya belumlah begitu populer. Hal itu lantaran Bilqis bukan pemain lapis pertama. Ia hanya merupakan pemain pelapis kedua.

Bilqis Prasista adalah putri salah satu legenda hidup bulutangkis Negeri ini, Joko Supriyanto dan Zelin Resiana. Kedua mantan pemain bulutangkis itu juga pernah berjuang membela Merah Putih diajang Thomas Cup dan Uber Cup pada era 1990-an.

Joko Supriyanto adalah atlet badminton nomor tunggal putra dan sukses merengkuh gelar Juara Dunia pada tahun 1993.

Sementara ibunda Bilqis, Zelin yang bermain di sektor ganda putri pernah turut berjasa membawa pulang trofi Piala Uber pada tahun 1994 dan tahun 1996.

Zelin pernah berduet dalam ganda putri dengan Eliza Natanael. Ia tercatat juga pernah bermain di sektor ganda campuran bertandem dengan Denny Kantono dan Bambang Suprianto.

Bilqis Prasista sendiri dilahirkan di Magelang, pada tanggal 24 Mei 2003, ia memiliki saudara kembar bernama Bilqis Pratista. Keduanya sama-sama merupakan atlet bulutangkis dan bergabung dengan klub PB Djarum, Kudus. Namun hanya Bilqis Prasista yang berhasil masuk dalam Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Sebelum berhasil menekuk pemain bulutangkis nomor satu dunia, prestasi Bilqis Prasista terbilang juga cukup moncer. Di antarnya pada tahun 2019 lalu diajang Jakarta Junior International Series 2019 atau U17.

Related posts