Bilqis Prasista Tumbangkan Peringkat 1 Dunia

Raket.ID – Kejutan besar dicetak oleh Srikandi bulutangkis muda Indonesia! Bilqis Prasista secara meyakinkan berhasil menumbangkan pemain peringkat satu dunia Akane Yamaguchi di laga penyisihan Piala Uber 2022 yang mempertemukan Indonesia kontra Jepang.

Bermain di Impact Arena, Bangkok, Rabu (11/05/2022), Bilqis yang kini bertengger di rangking 333 dunia, menghempaskan pebulutangkis andalan Negeri Matahari Terbit itu straight game dengan skor 21-19, 21-19.

Dengan hasil tersebut, Bilqis pun berhasil membuat skuad Merah Putih sementara unggul 1-0 atas Jepang.

Di awal laga, Bilqis langsung memperlihatkan permainan yang sangat baik dalam menghadapi tekanan Yamaguchi Akane. Pemain muda Indonesia berumur 19 tahun tersebut mampu melakukan placing yang gemilang dan sempat berhasil unggul 4-0 dari Yamaguchi.

Akan tetapi setelahnya, Yamaguchi berhasil memperbaiki penampilannya dan menyamakan skor menjadi 6-6.

Bilqis pun sedikit berbalik dan mulai tertekan, ia tertinggal 9-11 di interval game pertama. Setelah interval, Bilqis dan Yamaguchi menampilkan persaingan yang cukup alot, aksi kejar-mengejar angka pun terjadi.

Yamaguchi melakukan sejumlah kesalahan di poin-poin terakhir yang membuat Bilqis mampu memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik untuk sekaligus mengunci game pertama 21-19.

Pada game kedua, Bilqis harus tertinggal 6-11 dari Yamaguchi. Namun pebulutangkis jebolan PB Djarum Kudus itu tak menyerah begitu saja, ia terus berusaha untuk mengejar ketertinggalannya selepas interval dan memaksa Yamaguchi cukup kesulitan. Bilqis pun berhasil berbalik memimpin 14-13.

Setelah itu, kepercayaan diri Bilqis nampaknya meningkat, ia berhasil menunjukkan konsistensinya dan akhirnya berhasil mengunci game kedua 21-19 dan membuat Indonesia unggul 1-0 atas Jepang.

Bilqis Prasista sejatinya adalah tunggal ketiga di tim Uber Indonesia, akan tetapi saat melawan Jepang ia naik menjadi tunggal pertama lantaran skuad Merah Putih sudah dipastikan melaju ke perempatfinal.

Tim Uber Indonesia tahun ini bermaterikan pemain-pemain muda dengan usia rata-rata 19 – 20 tahun dan semuanya masih minim pengalaman. Namun mereka sukses mencetak kejutan dengan berhasil mempecundangi dua tim kuat Eropa, Perancis dan Jerman. Tak tanggung-tanggung kedua negara itu dicukur gundul oleh Srikandi-Srikandi bulutangkis Indonesia dengan skor telak 5-0. Gadis-gadis muda ini seakan tidak ada takut-takutnya menghadapi pemain-pemain yang jauh lebih senior.

Sebagai informasi tambahan, Bilqis Prasista adalah putri kembar dari salah satu legenda hidup bulutangkis Indonesia yang merupakan mantan Juara dunia, Joko Suprianto dan mantan punggawa Uber Indonesia Zelin Resiana. Kembarannya, Bilqis Pratista, beberapa waktu lalu juga pernah masuk Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) sebelum akhirnya memilih melanjutkan belajar di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Sepertinya masa depan bulutangkis putri Indonesia bakal cerah . Tidak sedikit pemain-pemain muda di sektor tunggal putri maupun ganda putri yang memiliki potensi bagus.

Related posts