Penelitian ASICS Membuktikan, Olahraga Baik untuk Kesehatan Mental

Raket.ID – Melakukan kegiatan olahraga tidak cuma menyehatkan tubuh saja namun juga dapat memberikan manfaat terhadap kesehatan mental. Banyak hubungan positif langsung antara olahraga dan kesehatan mental.

Dampak melakukan olahraga terhadap kesehatan mental terungkap dalam hasil penelitian Global State of Mind Index (SOMI) yang digagas oleh perusahaan sporting goods ternama di dunia asal Jepang Asics.

  • Studi ASICS Global menunjukkan hubungan positif antara gerakan fisik dan kesehatan mental, dan mengangkat dampak yang mengkhawatirkan dari kesenjangan olahraga antara generasi tua dan muda
  • Penelitian ASICS terkini juga membuktikan bahwa hanya dengan berolahraga selama 15:09 menit adalah waktu yang diperlukan untuk merasakan peningkatan positif, dan menunjukkan dampak besar yang dapat ditimbulkan dari sejumlah gerakan ringan
  • Terinspirasi oleh temuan ini, ASICS mengajak semua orang untuk mengambil bagian dalam “Uplift Challenge 15:09” untuk merasakan manfaatnya secara langsung

Pada Rabu (13 April 2022) bertempat di Kobe, Jepang, ASICS mengumumkan hasil penelitian Global State of Mind Index (SOMI) perdananya, yang membuktikan hubungan positif langsung antara olahraga dan kesehatan mental, dan mengungkap potensi dampak yang mengkhawatirkan dari tingkat aktivitas yang lebih rendah pada generasi usia muda di seluruh dunia.

SOMI Merupakan studi global pertama yang melacak kondisi mental 37.000 (tiga puluh tujuh ribu) orang dari 16 (enam belas) negara di seluruh dunia, pada studi ini menemukan bahwa orang yang paling banyak bergerak memiliki State of Mind Index yang lebih tinggi. Individu yang aktif bergerak memiliki skor State of Mind Index rata-rata 68/100, dibandingkan dengan 56/100 untuk mereka yang tidak aktif.

Studi ini juga mengamati perbedaan dramatis dalam aktivitas fisik antar generasi dengan generasi yang lebih tua (mereka yang berusia 57+) bergerak rata-rata selama hampir satu jam (53 menit) lebih banyak daripada Gen Z per pekan. Hal ini terbukti memiliki dampak besar pada State of Mind Index kolektif masing-masing kelompok.

Studi ini menemukan bahwa 54% dari populasi lansia global merasakan manfaat yang positif dan menggembirakan, tercatat State of Mind Index mereka rata-rata 67/100. Sebaliknya, hanya 45% dari populasi Gen Z global (berusia 18-24) yang saat ini bergerak aktif dan sebagai hasilnya, memiliki State of Mind Index rata-rata yang jauh lebih rendah daripada rekan-rekan mereka yang lebih tua yakni 59/100.

Yang menarik, studi ini juga menemukan bahwa populasi global menganggap 30 (tiga puluh) menit adalah sebagai jumlah waktu minimum latihan yang diperlukan untuk merasakan dampak bergerak yang membangkitkan semangat, sedangkan penelitian ASICS membuktikan bahwa hanya dalam waktu 15 menit dan 9 detik bergerak yang diperlukan untuk mulai merasa efek meningkatkan perasaan dan suasana hati.

“Ada persepsi umum bahwa Anda perlu bergerak dalam waktu lama untuk merasakan manfaat yang membangkitkan semangat. Namun, penelitian baru kami membuktikan hal ini tidak terjadi – hanya lebih dari 15 menit gerakan sebenarnya yang diperlukan untuk mengalami dampak positif. Bertepatan dengan State of Mind Index, yang menunjukkan hubungan positif antara gerakan dan kesehatan mental dalam skala global yang belum pernah ada sebelumnya, kami berharap ini akan menginspirasi banyak orang untuk melihat dampak yang dapat ditimbulkan oleh gerakan sekecil itu.” Ungkap Dr Brendon Stubbs, Peneliti Olahraga dan Kesehatan Mental, King’s College London

Terinspirasi dari 15:09 tersebut, kini ASICS bertekad untuk membuat dunia bergerak dengan meluncurkan “15:09 Uplift Challenge” pada pukul 15:09, yang akan perdana dimulai oleh Brand Ambassador Uplift pada pukul 15:09 yang juga merupakan bentuk perayaan kepada generasi yang lebih tua dalam melakukan gerakan dan latihan, seperti yang diungkapkan oleh hasil penelitian State of Mind Index.

“Di ASICS, kami sudah lama percaya bahwa olahraga memiliki kekuatan untuk mengangkat baik individu maupun dunia tidak seperti yang lain. Sementara hasil State of Mind Index kami membuktikan betapa intrinsik hubungan antara gerakan teratur dan kesehatan mental yang positif, hasil tersebut juga menunjukkan potensi dampak sejumlah kecil gerakan dalam meningkatkan Keadaan Pikiran State of Mind) kolektif dunia. Tantangan 15:09 kami berangkat untuk melakukan hal itu, mengajak semua orang untuk bergerak dan dengan melakukan itu merasakan manfaat yang sangat penting itu secara langsung. Kami senang bahwa ASICS 15:09 Uplift Ambassadors baru kami yang menginspirasi akan bergabung dengan kami untuk mengambil bagian dan berbagi tantangan ini juga.” Ungkap Tomoko Koda, Managing Executive Officer, Senior General Manager and Marketing, ASICS

ASICS juga mengajak semua orang untuk terlibat dengan mengambil bagian dalam tantangan 15:09 mereka sendiri sepanjang bulan Juni dengan bergerak selama 15:09 menit dan berbagi bagaimana mereka merasakan manfaatnya dengan menggunakan hashtag #LiveUplifted.”

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kampanye ASICS #LiveUplifted, dengan mengunjungi website asics di asics.com.

Tentang ASICS State of Mind Index:

ASICS adalah yang pertama melakukan studi State of Mind Index, yang melihat hubungan antara keadaan pikiran dan olahraga di seluruh dunia. The State of Mind Index adalah skor dari 100, dihitung berdasarkan skor rata-rata kumulatif di sepuluh sifat kognitif dan emosional – termasuk kepositifan, konten, santai, fokus, dan tenang. Dilakukan oleh Edelman Data & Insights, penelitian ini dilakukan di antara ukuran sampel total 37.000 responden di 16 negara secara global – perwakilan secara nasional berdasarkan usia, jenis kelamin, dan wilayah di setiap pasar. Negara-negara yang termasuk dalam penelitian ini adalah Australia, Brasil, Cina, Prancis, Jerman, India, Italia, Jepang, Belanda, Singapura, Spanyol, Swedia, Thailand, UEA, Inggris & Amerika Serikat. generasi yang termasuk dalam penelitian adalah sebagai berikut:

● Boomers (generasi yang lebih tua) – 57+

● Gen X – 41-56

● Millennial – 24-40

Rata-rata State of Mind Index berdasarkan negara adalah sebagai berikut:

  1. Cina – 77 (/100)
  2. India – 74
  3. Thailand – 74
  4. UEA – 68
  5. Spanyol – 65
  6. Singapura – 64
  7. Brasil – 64
  8. Belanda – 63
  9. Jerman – 63
  10. Inggris – 63
  11. Prancis – 62
  12. Australia – 62
  13. Swedia – 60
  14. AS – 59
  15. Italia – 57
  16. Jepang – 51

● Melakukan lebih dari 150 menit olahraga sedang hingga berat per minggu

● Melakukan kurang dari 30 menit olahraga sedang hingga berat per minggu

Related posts