Piala BJK: Belum usai, Merah Putih masih miliki peluang bertahan di grup 1 Asia Oseania

Raket.ID, Antalya – Walaupun semakin menipis, peluang tim tenis beregu putri Indonesia untuk tetap bercokol di grup 1 Asia Oseania Piala Billie Jean King (BJK) belumlah habis.

Aldila Sutjiadi dan kawan-kawan masih mengantongi dua pertandingan sisa, yakni versus tim tangguh China dan Selandia Baru sebelum angkat kopor dari Kota Antalya, Turki. Bila punggawa-punggawa tenis putri Merah Putih berhasil memaksimalkan hasil di dua laga tersebut, sementara India dan Selandia Baru terjerembab di dua pertandingan sisa mereka, maka peluang Indonesia untuk kembali berlaga di grup 1 Asia Oseania BJK Cup (atau yang dulu dinamai Piala Fed) tahun depan masih terbuka.

Sejatinya pasukan tenis Garuda putri memiliki kans untuk nangkring di zona aman bila mereka berhasil menundukkan tim yang relatif punya kekuatan setara, yakni India. Akan tetapi sayangnya, Srikandi-Srikandi tenis kebanggaan Indonesia hanya berhasil memenangi satu partai dari tiga partai yang dimainkan ketika bertarung menghadapi Ankita Raina cs.

Pada pertandingan yang dimainkan di lapangan tanah liat MTA Tennis Academy Antalya, hari Kamis (14 April 2022), Beatrice Gumulya yang kembali diberi kepercayaan menjadi pemain pembuka, harus takluk pada tunggal kedua India, Rutuja Bhosale, straight set 4-6, 1-6.

Di partai kedua, Aldila Sutjiadi yang kemungkinan masih kelelahan setelah tampil habis-habisan di turnamen tenis profesional WTA (Women’s Tennis Association -red) Copa Colsanitas”, juga menuai hasil yang tak jauh berbeda dengan yang dipetik oleh Beatrice Gumulya. Dila, panggilan akrab petenis cantik kelahiran tahun 1995 itu, ditundukkan oleh tunggal pertama India, Ankita Raina, 1-6, 2-6.

Kemenangan perdana pasukan tenis Merah Putih di BJK Cup tahun ini akhirnya tercipta di partai ketiga yang mempertandingkan sektor ganda. Aldila Sutjiadi yang kali ini dipasangkan dengan Jessy Rompies berhasil mengandaskan perlawanan duet andalan India, Sowjanya Bavisetti / Riya Bhatia, lewat pertarungan rubber set yang berkedudukan akhir 6-4, 6-7(7), 6-2.

Dengan hasil ini, maka dua laga tersisa Indonesia bakal menjadi sangat krusial. Menghadapi China, Jumat (15 April 2022) dan Selandia Baru, Sabtu (16 April 2022), tim yang di kapteni oleh Deddy Tedjamukti ini wajib memenangi kedua laga itu agar kembali punya kans lolos dari jurang degradasi.

Ayo Aldila Sutjiadi, Ayo Beatrice Gumulya, Ayo Jessy Rompies, Ayo Fadona… Kalian Bisa !

Related posts