Sukses Tingkatkan Prestasi Tenis, Rildo Ananda Anwar Layak Nahkodai Kembali PP PELTI

Raket.ID, Jakarta – Meningkatnya prestasi tenis Indonesia beberapa tahun belakangan ini, tak terlepas dari keseriusan serta kegigihan Ketua Umum (Ketum) Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PELTI) Dr. Rildo Ananda Anwar, SH., MH., dan jajarannya dalam upaya pembinaan atlet.

Salah satu upaya pembinaan paling menonjol di era Rildo Ananda Anwar adalah jalannya proses regenerasi pemain yang bersinambungan. Talenta-talenta muda potensial mendapat kesempatan berseragam timnas tenis Merah Putih dan membela Indonesia di berbagai ajang bergengsi. Hampir di setiap event penting nampak wajah-wajah baru tampil berkolaborasi dengan para petenis senior mereka.

Masuknya M. Rifqi Fitriadi sebagai punggawa anyar timnas tenis Indonesia, juga Muhammad Althaf Dhaifullah yang memperkuat pasukan Piala Davis Indonesia 2018 dan 2022, kemudian Joleta Budiman di skuad Asian Games 2018, Ari Fahresi di tim SEA Games 2019, M. Gunawan Trismuwantara di skuad Piala Davis Indonesia 2020 dan 2021, serta dua atlet muda sekaligus, Priska Madelyn Nugroho dan Janice Tjen di tim Fed Indonesia 2020, kemudian masuknya Fadona Titalyana Kusumawati di skuad Billie Jean King (BJK) Cup 2022 dan Achad Imam Maruf sebagai kekuatan gres tim Piala Davis Indonesia 2022, (kedua nama terakhir bersama Tegar Abdi Satrio Wibowo, Rifqy Sukma Ramadhan, Fitriani Sabatini dan Novela Rezha juga dipersiapkan bakal ditampilkan di ajang SEA Games 2022) adalah bukti yang tak terbantahkan bahwa Rildo Ananda Anwar sangat serius memperhatikan regenerasi pemain.

Nampaknya mantan Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian PUPR itu tak ingin langsung berpuas diri dengan berderet prestasi yang berhasil diukir oleh petenis-petenis Indonesia beberapa tahun belakangan ini, antara lain medali emas di ajang Asian Games Jakarta-Palembang 2018 setelah penantian panjang sejak tahun 2002, kemudian disusul kesuksesan Indonesia menjadi juara umum cabor tenis di pentas SEA Games Manila 2019 dengan raihan tiga medali emas. Namun Pria kelahiran Jakarta 64 tahun silam itu juga terus berupaya mengorbitkan petenis-petenis masa depan, yang kelak diharapkan dapat menjadi kekuatan baru guna melanjutkan tongkat estafet dari para seniornya.

Ketua 1 Pengprov PELTI Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Soetriono, M.P., memuji keberanian Ketum PP PELTI dalam memberi kesempatan dan mengorbitkan petenis-petenis muda untuk berkiprah diberbagai ajang resmi.
“Luar biasa, Pak Rildho all out dalam memajukan tenis Indonesia dan juga berani mengirim atlet-atlet muda walau belum punya pengalaman yang banyak tuk menapakkan ke jenjang internasional.” kata profesor Soetriono (10/07/2021).

Catatan menarik lainnya, kendati setengah masa baktinya sebagai Ketum PP PELTI harus dilewati bebarengan dengan masa-masa sulit badai pandemi, namun Rildo Ananda Anwar dan jajarannya tetap gigih berusaha meningkatkan prestasi dan menjalankan roda organisasi dengan baik.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Dewas Perum Perumnas dan staf khusus Menteri PUPR itu acapkali terlihat turun langsung memantau latihan Pelatnas Tenis Indonesia dan berkomunikasi aktif dengan para pemain. Rildo Ananda Anwar juga kerap menghadiri langsung kegiatan-kegiatan tenis di berbagai kota dan daerah di seluruh penjuru Nusantara, mulai dari acara pembukaan kejuaraan atau turnamen tenis, memantau musyawarah provinsi dan pelantikan-pelantikan pengurus provinsi dan kegiatan-kegiatan tenis lainnya.

Jadi teringat wawancara kami dengan salah satu pakar tenis Negeri ini, Deddy Prasetyo, disela-sela Munas PP PELTI, di Banjarmasin (24-26/11/2017) silam.

“Rildo Ananda Anwar adalah sosok yang paling layak menjadi Ketum PP PELTI.” tutur Deddy Prasetyo kala itu, (24/11/2017).

“Pak Rildo Anwar adalah mantan pemain tenis yang bagus dan lumayan berprestasi dijamannya. Beliau sangat cinta dan mengerti betul seluk beluk tenis Indonesia.” imbuh pelatih yang akrab disapa Om Deddy itu.

Rasanya apa yang diutarakan oleh pemilik DETEC itu masih berlaku hinga kini bahkan sampai 5 tahun mendatang. Memang sulit mencari sosok yang setara dengan Rildo Ananda Anwar sebagai nahkoda PP PELTI.

Arayana dan Shirly Arayana Megatama
Founder dan Owner: Raket.ID, tenisIndonesia.com, ayotenis.com, ayotenis.ID, JuaraOlahraga.com, ayobadminton.com dan arayanaNews.com

Related posts